Pembuatan Sistem Penghimpunan Customer Relationship Management (CRM) Di Sinergy Foundation
Sinergi Foundation merupakan lembaga publik yang mengabdi kepada masyarakat dengan menyediakan berbagai macam layanan yang diperlukan oleh masyarakat, seperti zakat, wakaf, Infaq, kegiatan kemanusian dan juga qurban. Meningkatnya kebutuhan pada masyarakat membuat kegiatan atau program yang dilakukan oleh Sinergi Foundation juga semakin meningkat. Saat ini Sinergi Foundation setalah memiliki perencanaan yang mumpuni dengan dimilikinya road map dan rencana strategis dari sistem IT yang ada dan akan dibangun. Walaupun demikian para pengembang program masih memiliki kemampuan yang terbatas dalam mengembangkan program, sehingga masih perlu bantuan untuk dapat mengembangkan aplikasi secara terstruktur. Dengan adanya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dari Fakultas Informatika, Universitas Telkom ini dapat membantu Sinergi Foundation dalam mengembangkan aplikasi secara terstruktur. Solusi yang ditawarkan pada kegiatan ini adalah dengan pelatihan proses pembangunan aplikasi secara terstruktur, mencoba mengimplementasikannya dan memeriksa hasil implementasinya. Dengan demikian, diharapkan aplikasi yang dihasilkan dapat terstruktur sehingga akan mudah untuk melakukan penelusuran bila terjadi masalah pada aplikasi terkait. Untuk pengabdian kepada masysrakat ini dibuat aplikasi/sistem penghimpunan Customer Relationship Management (CRM) di Sinergi Foundation. Hal ini dilakukan sesuai dengan road map dan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Diharapkan dengan adanya aplikasi penghimpunan CRM di Sinergi Foundation akan tercipta pengelolaan donatur dan customer yang lebih terorganisir dan terkendali.
Mitra : Sinergy Foundation
Ketua : Prof. Ir. Ari M. Barmawi, Ph.D.
Anggota:
- Prasti Eko Yunanto, S.T. M.Kom.
- Nuril Kaunaini Rofiatunnajah, S.Kom.
- Aulia Rahman, S.T.
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Oktober 2023 – Januari 2024